Pengalaman Memperbaiki Tangki Honda Tiger Revo Bocor yang Tak Terlupakan

Tiger Revo (gudang-honda-tiger.blogspot)
Salah satu motor Om Djumbo yang sering juga dipakai untuk keseharian adalah Honda Tiger Revo keluaran tahun 2009. Motor ini handal, lincah dan bisa diandalkan untuk digunakan sampai sekarang. Walaupun sudah di-decommissioned oleh pabrik Honda pada tahun 2014 yang lalu dan sudah berumur 8 tahun tapi Om Djumbo masih betah untuk menggunakannya sampai sekarang.

Seperti kebanyakan motor sport lainnya, masalah yang selalu melanda untuk motor tipe seperti ini adalah masalah kebocoran di tangkinya. Hal ini karena tangki bahan bakar pada motor sport berada di luar dan terekspos panas-dingin setiap saat.

Demikian juga motor Om Djumbo, sudah beberapa kali motor ini mengalami kebocoran di bagian bawah tangki dan selama ini oleh bengkel langganan Om Djumbo bisa diatasi dengan menambalnya menggunakan lem besi merk Dextone yang umum dijual di pasaran.

lem Dextone
Namun tidak kali ini.....

Ketika Om Djumbo hendak memperbaiki tangki tersebut ke bengkel langganan Om Djumbo oleh mekaniknya malah disarankan untuk ditambal ke tukang patri. Hal ini karena penambalan yang telah dilakukan selama ini hanya bersifat sementara dan tidak efektif (now you're talking?) sedangkan kondisi tangki motor ini sendiri sudah banyak tambalan.

Maka mulailah Om Djumbo mencari tukang patri yang bisa memperbaiki kebocoran tangki motor sport. Sampai kemudian Om Djumbo menemukan seorang pembuat kompor minyak tanah yang juga bisa memperbaiki tangki motor sport dengan cara dipatri.

Berikut beberapa fotonya....


Pertama-tama, tangki motor dicopot dari dudukannya dan segala aksesorisnya dicopot

bekas kebocoran bahan bakar di bagian bawah tangki motor di dudukan baut tangki

bekas kebocoran bahan bakar di bagian bawah tangki motor di rangka dan pipa air intake depan karburator. terdapat juga bercak coklat (di bagian tengah gambar) yang menandakan gram besi yang bercampur bahan bakar di dalam tangki 

Kemudian isi tangki dikuras untuk membersihkan gram besi yang ada di dalam tangki
isi tangki dipindahkan ke dalam jeriken dan disaring

kotoran dan gram besi yang ada di dalam tangki hasil saringan
gram besi dari dalam tangki
Selanjutnya tangki dibersihkan dari bekas lem besi yang sebelumnya digunakan untuk menambal kebocoran menggunakan amplas.
kondisi bagian bawah tangki motor sewaktu awal dibersihkan, ditemukan lubang besar di ujung bagian bawah tangki


Setelah mengetahui bahwa tangki yang mengalami kebocoran ada banyak titik dan ada yang cukup besar lubangnya, maka pembersihan dilakukan kembali kali ini menggunakan amplas gerinda.

pembersihan dimulai

jangan ditiru, tanpa menggunakan perlengkapan pelindung sarung tangan dan google




Setelah dibersihkan berikut ini hasilnya.....
titik kebocoran di bagian samping tangki

titik kebocoran di bagian bawah tangki
close-up titik kebocoran di dekat jalan keluar tangki
tangki bagian bawah dilihat dari samping

titik kebocoran di bagian bawah sisi samping tangki
Ternyata cukup parah ya kondisi kebocoran di tangkiku?

Memang sudah waktunya tangki motor ini harus diganti, tapi kebocoran ini akan Om Djumbo coba perbaiki dahulu menggunakan metode patri.

Menurut bapak tukang yang melakukan patri ini, berdasarkan pengalaman beliau, untuk memperbaiki tangki motor yang bocor memang lebih efektif menggunakan metode patri karena patri melapisi tangki yang bocor dengan lapisan patri yang tahan karat dan kuat. Beda dengan ditambal dengan lem epoxy karena sifatnya hanya sementara dan suatu saat akan bocor kembali. Demikian juga bila ditambal menggunakan las maka besi tangki akan menjadi muda kembali dan keropos sehingga rawan karat.

Satu-satunya kelemahan patri masih menurut beliau, yaitu tidak tahan panas. Karena kalau patri kena panas ia akan mencair mirip seperti film Terminator 2. Begitu kata bapaknya..... yang saya paling ingat betul waktu beliau bilang film Terminator....

Setelah itu proses pematrian tangki-pun dimulai
proses persiapan patri, di sisi bawah ada mangkuk berisi air raksa yang berguna untuk membersihkan area yang akan dipatri sedangkan di sisi atas terdapat biji besi yang akan dipanaskan untuk kemudian dioleskan dan dilekatkan pada bidang yang akan dipatri 





Tangki yang berlubang besar ditambal menggunakan lembaran alumunium.








hasil patri tahap pertama sebelum dibersihkan

Kemudian dilakukan patri lagi pada bagian-bagian yang dirasa kurang



Proses pencucian setelah selesai dilakukan patri




Dilakukan proses pematrian kembali di titik yang dirasa masih bocor






Dan hasilnya......
tangki motor yang sudah selesai dipatri

Dari perbaikan tangki motor ini menghabiskan biaya sekitar 175 ribu rupiah dengan garansi selama 4 bulan akan diperbaiki kembali apabila masih terdapat kebocoran. Biaya sebesar itu karena pekerjaan patri yang dilakukan hampir di sekeliling tubuh tangki. 

nota perbaikan tangki motor dengan menggunakan metoda patri
Proses patri dalam perbaikan tangki motor ini total membutuhkan waktu kira-kira sekitar +5 jam dari mulai pkl 10.00WIB sampai dengan pkl 15.00WIB.

Lelah sih tapi juga antusias karena bisa memperoleh pengalaman dan pengetahuan baru. Itulah yang membuat perbaikan tangki motor ini menjadi tak terlupakan.

Kini setelah hampir 1 bulan berlalu tidak ada lagi kebocoran yang terjadi di tangki motor Om Djumbo.



Demikianlah pengalaman memperbaiki tangki motor Honda Tiger Revo yang bisa Om Djumbo bagikan. 

Siapa tahu dapat memberikan gambaran yang berguna bagi Anda yang sedang membutuhkan informasi untuk memperbaiki tangki motor atau bisa juga menambah pengetahuan Anda.

Semoga bermanfaat.

Oh iya, jika Anda mempunyai pengalaman lain atau ada informasi yang bisa ditambahkan silakan tuliskan di kolom komentar.

Terimakasih

Baca juga :
Pengalaman Memperbaiki Tangki Honda Tiger Revo Bocor yang Tak Terlupakan Pengalaman Memperbaiki Tangki Honda Tiger Revo Bocor yang Tak Terlupakan Reviewed by Djumbo on 00:40:00 Rating: 5

2 comments:

RH - footer mobile

Powered by Blogger.